Anak slow learner

27 Juli 2017 Pertemuan tak terduga yang membuat diri ini rindu ingin bertemu dengan anak itu. Ya, anak yang memiliki kemampuan slow learner. Ternyata pelukan darinya adalah menandakan pelukan pertama dan terakhir darinya.

Tapi, Allah tak pernah membiarkanku merasa bersalah akan kejadian tersebut maka di gantilah dengan membuat cerita tentangnya yang penuh warna.

Bertemu dengan seorang anak yang memiliki kemampuan slow learner adalah pengalaman baru bagiku. Memiliki keterbatasan dalam melakukan hal yang seharusnya dilakukan oleh anak-anak normal pada umumnya.

Lalu apakah pengertian slow learner itu. Slow learner adalah tingkat penguasaan materi pada anak yang rendah, padahal materi tersebut merupakan prasyarat bagi kelanjutan di pelajaran selanjutnya, sehingga mereka harus sering mengulang.

Anak slow learner adalah anak yang memiliki kemampuan intelektualnya di bawah rata-rata, tetapi tidak termasuk tunagrahita (IQ 80-85) dalam beberapa  hal anak ini mengalami keterlambatan  berpikir, merespon rangsangan dan kemampuan untuk beradaptasi.

Maka untuk hal ini banyak rumah tumbuh kembang anak yang mampu membimbing anak-anak slow learner ini, dengan bantuan psikolog klinis yang mampu mengenali pola dan tindakan yang dilakukan oleh anak-anak slow learner atau yang lainnya dengan melakukan terapi yang dilakukan setelah pulang sekolah.

#TantanganODOP4
#OneDayOnePost
#ODOPbatch6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Bahagia

Curhatku

Hamka (Abdul Malik Karim Amrullah)