Menulis

Merindukan sebuah dorongan menulis, merupakan cita-cita sejak lulus SMA, ingin bermanfaat lewat tulisan adalah keinginan ku terhadap dunia literasi lalu apa definisi bahagia  bagiku. Kemauan yang besar akan memperkuat sebuah impian. Impian yang besar muncul karena adanya kemauan dan tekad yang kuat.

Definisi bahagia

Apa definisi bahagia menurutmu?

Bagi sebagian orang bahagia menurut mereka adalah bisa berbagi kebaikan kepada orang lain, berbagi kisah inspiratif untuk orang lain dan berbagai macam hal lainnya.

Lalu, apa definisi menulis menurut ku.

Memperjuangkan literasi sama seperti memperjuangkan skripsi
Memperjuangkan literasi sama seperti Raden Ajeng Kartini memperjuangkan para wanita agar tidak mudah di jajah, atau kalau sekarang tidah mudah terkena rayuan gombal.
Tahu apa aku soal jatuh cinta, yang ada aku hanya jadi korban kebohongan para laki-laki (kata budeku).
Jika membangun peradaban adalah sebuah cita-cita mulia, maka yang di butuhkan hanyalah seorang agen perubahan.

Menulis membuatku bahagia, dengan menulis semua yang tersembunyi bisa di tulis dengan cara merangkai kata.

Masih tentang menulis.

Menulis bukan tentang bakat, yang ada hanya kemauan. Kemauan untuk mencoba, belajar, berlatih menulis setiap hari. Hingga mahir dan konsisten dalam menulis, berperilakulah menjadi orang yang sederhana dalam bersikap, sehingga menghindari sikap sombong dalam diri. Berlatihlah menulis setiap hari layaknya anak kecil yang baru belajar merangkak, berdiri, berjalan, dan berlari. Berucap mama, papa, kakak, aku secara rutin dilatih oleh Ibunda tercinta.

Begitu pula dengan menulis, semakin kita melatih diri kita untuk menulis, maka akan semakin lancarlah apa yang ingin kita tulis. Dan ide-ide pun sangat mudah di dapatkan disaat kita percaya pada diri sendiri bahwa kita mampu seperti penulis-penulis yang bukunya Best Seller.

Setiap orang punya pilihan masing-masing, teman SMP ku tak pernah memaksa aku untuk ikuti bisnis yang ia geluti, ia memang mengajak  tapi, tak pernah memaksa. Berbeda dengan teman SMA ku yang menganggap aku sahabatnya namun, akhirnya meninggalkan. Ia lebih memaksa, meskipun aku menolak secara halus namun, ia tetap bersi keras menawarkan terus-terusan produk yang ia jalankan.

Menurut Pramoedya Ananta Toer:

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian."

Menulis adalah caraku berbicara
Menulis adalah obat bagiku yang sedang merasa rindu namun harus belajar untuk mengikhlaskan dan memperjuangkan sesuatu yang menjadi skenario dari Allah.

Lalu buku apa yang seharusnya di baca?
Buku bacaan mungkin banyak dari buku motivasi, buku cerpen, novel dan masih banyak lagi. Sebagai penerus peradaban dan calon istri serta ibu tidak mau kan kelak anak-anak kita tidak di ajarkan ilmu agama. Apa mau nanti malah anak-anak kita yang menarik kita ke neraka karena tidak pernah mengajarkan agama pada anak-anak sejak kecil.

Perbanyaklah membaca, karena membaca adalah jendela ilmu.

Teruslah belajar dari orang-orang yang mau menjadikan diri kita sebagai 'Agent of Change' atau Agen Perubahan untuk bermanfaat bagi orang lain.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Bahagia

Curhatku

Hamka (Abdul Malik Karim Amrullah)